Tour ke Pantai Jasri untuk Belajar Lingkungan

IMG_3510

Karangasem, 17 Juli 2013. Pusat Pengelolaan Ekoregion (PPE) Bali dan Nusra bersama-sama dengan Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) Bali melakukan pendidikan lingkungan hidup kepada 40 anak SD 3 Subagan Karangasem. Kegiatan ini ini dilakukan sebagai salah satu bentuk kampanye lingkungan kepada anak sekolah agar lebih mengenal dan mencintai lingkungan. Kegiatan edukasi ini mengambil tempat di Pantai Jasri – Karangasem yang lokasinya tidak terlalu jauh dari lokasi sekolah.

Kegiatan seperti ini sangat perlu dilakukan karena begitu banyak kerusakan lingkungan akibat kurangnya kesadaran dan kepedulian terhadap pentingnya lingkungan hidup tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut maka kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan hidup haruslah ditumbuhkan di masyarakat. Anak-anak sekolah sebagai bagian dari masyarakat dan generasi penerus bangsa juga perlu mendapatkan pengetahuan dan penambahan wawasan tentang lingkungan hidup. Mereka perlu mengetahui keterkaitan antara alam dan faktor- faktor penyebab kerusakan dan pencemaran lingkungan serta dampak yang ditimbulkan dari pemanfaatan yang salah.

Dalam kegiatan edukasi lingkungan di Pantai Jasri ini, anak-anak dimnta untuk melakukan pengamatan terhadap kondisi lingkungan pantai Jasri dan sekitarnya serta manfaat serta kegunaan berbagai pendukung ekosistem dalam kehidupan. Pendidikan lingkungan hidup yang langsung di alam melalui pengamatan dan penelitian bisa memberikan pemahaman yang lebih baik dan nantinya diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian siswa terhadap lingkungan hidup. Melalui pembelajaran ini diharapkan mereka dapat meneruskan informasi ini kepada siswa lainnya dan keluarga mereka.

Pantai Lebih

Top