Sinergitas Memperkuat Kelembagaan Dinas Lingkungan Hidup Daerah

Peserta undangan

Senin, 7 Mei 2015. Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Bali dan Nusa Tenggara menyelenggarakan kegiatan “Sinergitas Multi Pihak Dalam Rangka Memperkuat Kelembagaan Dinas Lingkungan Hidup Daerah Guna Mendukung Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah” yang langsungkan di ruang rapat Lantai III, Kantor P3E Bali Nusra. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala P3E Bali Nusra, Bpk. Drs. Rijaluzzaman, dengan peserta undangan dari Bappeda dan Dinas Lingkungan Hidup se-ekoregion Bali Nusra baik dari Provinsi, Kabupaten maupun Kota. Ikut dalam kegiatan ini diantaranya Setda Kabupaten Sumbawa Barat, Kepala Dinas LH Kota Bima, Kepla Dinas LH Tabanan, Kepala Dinas LH Sumba Timur.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menggali informasi dan masukan dari para peserta, demi perbaikan dan pembenahan Dinas Lingkungan Hidup di Daerah guna memperkuat kelembagaan LH. Kepala P3E Bali Nusra dalam pembukaannya menyampaikan 11 kewenangan bidang LH di daerah yang masih belum tersentuh karena berbagai kendala, terutama kendala anggaran dan SDM, sehingga diperlukannya komitmen dari pimpinan daerah agar daerah dapat bekerja optimal. Sedangkan narasumber dari Biro Perencaan KLHK menyampaikan terkait kriteria penerima DAK than 2018. Kepala Bidang Evaluasi dan Tindak Lanjut P3E Bali Nusra, Awang Erry S.I, dalam materinya menyampaikan tentang pembagian tugas dan kewenagan daerah dalam bidang LH.

Adapun masukan dan saran yang terhimpun diantaranya kewenangan pelaksanaan pengelolaan limbah B3 hanya di Kabupaten/Kota saja, padahal Provinsi juga melaksanakannya; dana desa yang didapatkan masyarakat desa harus ada pengalokasian anggaran untuk bidang lingkungan hidup; diperlukan peningkatan kapasitas SDM di daerah dengan pelatihan yang sifatnya teknis; belum adanya petunjuk teknis tentang penyusunan DDDT yang dijadikan dasar dalam penyusunan KLHS; Penempatan KPH yang terpusat di Provinsi menyulitkan daerah dalam pengawasan kawasan hutan di Kabupaten.

Masukan dan saran yang disampaikan oleh peserta dirangkum dan kemudian akan disampaikan langsung oleh Kepala P3E Bali Nusra dalam pertemuan dengan Menteri LHK dan para pejabat eselon I di lingkup Kementerian LHK.

 

IMG_20180507_093840Minimize

 

IMG_20180507_102149Minimize

 

Top