Pertemuan Pakar Penyusunan Dokumen RPSDALH Provinsi Bali

udayana

Pertemuan Teknis Pakar dalam rangka penyusunan dokumen Rencana Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup (RPSDALH) (9/8/2018) yang diselenggarakan di Gedung Pasca Sarjana Universitas Udayana menghadirkan beberapa narasumber, yaitu Prof. Dr. Ir. Putu Rumawan Salain, M.Si, Prof. Dr. Ir. Nyoman Merit, M.Agr, Dr. Ir Wayan Diara, M.S, Drs. R. Suyarto, M.Si, Abdurrahman Asy-Syakur, S.P, M.Si., dam Wayan Damar Windu Kurniawan, S.Si, M.Sc. Tujuan penyelenggaraan kegiatan adalah untuk mendapatkan masukan pakar terkait penyusunan kajian daya dukung lingkungan hidup sumber dayan lahan yang digunakan sebagai basis penyusunan RPSDALH tahun 2018.

“Sekaligus membuka kembali jalinan komunikasi, koordinasi dan kerjasama antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan Universitas/akademisi lingkup Provinsi Bali” demikian disampaikan oleh Kepala P3E Bali Nusra (Drs. Rijaluzzaman)

Ada dua pendekatan daya dukung LH yang saat ini dilakukan oleh P3E Bali Nusra yaitu (1) berbasis jasa ekosistem dan (2) berbasis arahan fungsi penggunaan lahan, kemampuan lahan dan zona fungsi lahan. Secara umum, dua pendekatan ini dapat dipergunakan sesuai kebutuhan. Khusus untuk zona fungsi lahan (yang merupakan penggabungan antara fungsi penggunaan lahan dan kemampuan lahan), cukup mendapatkan tanggapan positif dari para pakar. Bahkan disarankan, perlu dicoba menggabungkan (overlay) peta zona fungsi lahan dengan peta jasa ekosistem. Hasil kajian tersebut sangat bermanfaat untuk menjadi input dalam penyusunan KLHS, tata ruang, dan rencana pembangunan daerah. (DAW)udayana2

Top