Pertemuan Lanjutan Upaya Pemulihan Ekosistem Danau Batur

pemulihan danau batur

Dalam rangka penyusunan Rencana Pengelolaan Sumber Daya Air dan Lahan Danau Batur dan DTA-nya dan Rencana Pengelolaan Danau Batur 2018, Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Bali dan Nusra (P3EBN) menyelenggarakan Pertemuan Teknis di Ruang Budi Mukti Bhakti, komplek Kantor Bupati Bangli pada tanggal 3 Agustus 2018, pukul 09.00 – 12.00. Pertemuan ini dipimpin oleh Sekda Bangli, Ir. I.B. Gde Giri Putra, M.M. yang menjabat sebagai Ketua Pokja Pengelolaan Danau Batur.

Fokus bahasan adalah pengisian matriks rencana kegiatan pengelolaan danau para pihak yang telah dipersiapkan P3EBN bersama BPDASHL Unda Anyar. Ada 8 (delapan) program besar yang menjadi pilihan, yaitu :

1. penataan ruang kawasan danau;
2. penyelamatan ekosistem perairan danau (badan air);
3. penyelamatan ekosistem lahan sempadan danau;
4. penyelamatan DAS dan DTA danau;
5. pemanfaatan sumber daya air danau;
6. pengembangan sistem monitoring, evaluasi, dan informasi ekosistem danau;
7. pengembangan kapasitas, kelembagaan, dan koordinasi; dan
8. peningkatan peran dan partisipasi masyarakat.

Peserta rapat menyepakati kedelapan program tersebut akan dimasukkan dalam draft Rencana Pengelolaan Danau, yang dijabarkan dalam kegiatan-kegiatan para pihak sesuai dengan kewenangannya. Sebagian besar rencana pengelolaan sumber daya air dan lahan yang disusun P3EBN terakomodasi dalam draft Rencana Pengelolaan Danau Batur 2018 ini (DAW).
batr

Top