Peringatan Hari Lingkunganan Hidup Bali 2013

20130620095454-LH_Bali_20131

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni, Pemerintah Provinsi Bali telah melaksanakan beberapa kegiatan. Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia di Provinsi Bali dilakukan pada hari Jumat, 14 Juni 2013 dan dipusatkan di Lapangan Lumintang Denpasar.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun ini, Indonesia mengusung tema  “Ubah Perilaku dan Pola Konsumsi Untuk Selamatkan Lingkungan”.  Tema tersebut selaras dengan tema yang dikeluarkan oleh Badan Lingkungan Hidup Dunia, United Nations Environment Programme (UNEP), yaitu “Think.Eat.Save”. Tema ini bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat luas atas pentingnya menyikapi pemanfaatan sumber daya alam termasuk penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) serta pemanfaatan bahan makanan secara bijak.“  Makna mendasar dari tema ini adalah urgensi seluruh umat manusia, baik secara individu, kelompok maupun negara, untuk mengubah pola konsumsi dan produksi atau gaya hidup menuju perubahan perilaku yang berkelanjutan.

 Menteri Lingkungan Hidup  dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Badan Lingkungan Hidup Provinsi Bali menyatakan pula bahwa upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup perlu melibatkan seluruh masyarakat termasuk swasta dan pemerintah.

 Pada Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia di Provinsi Bali ini dilakukan beberapa kegiatan seperti penanaman pohon, pelepasan puluhan burung, senam bersama dan pemeriksaaan kesehatan gratis. Pusat Pengelolaan Ekoregion Bali dan Nusa Tenggara juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini melalui pemberian informasi lingkungan yang dikemas dalam hiburan rakyat yang dibawakan oleh Duta Lingkungan  I Made Arimbawa (di Bali lebih dikenal dengan nama Lolak)  yang sekarang merupakan salah satu anggota DPD-RI.  Disamping itu, pada kesempatan tersebut PPE Bali dan Nusra juga menggelar Perpustakaan Lingkungan melalui Bus Exhibition yang dimiliki oleh PPE Bali dan Nusra.

Dalam puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Provinsi Bali ini, Provinsi Bali Bali juga memberikan penghargaan kepada  peraih penghargaan Lingkungan Hidup Nasional Tahun 2013. Mereka sebelumnya telah diberikan penghargaan pula oleh Presiden RI di Istana Negara pada tanggal 10 Juni 2013 dan beberapa lagi oleh Menteri Lingkungan Hidup di Jakarta.

 Adapun penghargaan yang diberikan untuk wilayah Provinsi Bali sebagai berikut : Peringatan hari lingkungan hidup Provinsi Bali

Adiwiyata Mandiri :

  1. Kab. Karangasem       SDN 1 Selumbung
  2. Kota Denpasar            SMP Wisata Sanur
  3. Kab. Gianyar               SMPN 2 Ubud
  4. Kab. Gianyar               SMAN 1 Sukawati
  5. Kota Denpasar            SMAN 1 Denpasar
  6. Kab. Gianyar               SMAN 1 Tampaksiring

Kalpataru

Kategori Pembina Lingkungan  : Anak Agung Gede Agung, SH., Kabupaten Badung, Provinsi Bali

SLHD (Status Lingkungan Hidup Daerah)

Pemerintah Kabupaten/Kota Terbaik Penerima Penghargaan Penyusunan Status Lingkungan Hidup Daerah Tahun 2012 berupa Trophy :

  • Kabupaten Gianyar

Pemerintah Kabupaten/Kota Terbaik Penerima Penghargaan Penyusunan Status Lingkungan Hidup Daerah Tahun 2012 berupa Plakat:

  • Kota Denpasar
  • Kabupaten Buleleng

Adipura

Kabupaten dan Kota Peraih Anugerah Adipura 2013 Kategori Kota Besar

  • Kota Denpasar

Kabupaten dan Kota Peraih Anugerah Adipura 2013 Kategori Kota Sedang dan Kota Kecil

  • Kabupaten Karangasem
  • Kabupaten badung
  • Kabupaten Tabanan
  • Kabupaten Gianyar
Top