Penajaman Renstra

Penajaman Renstra

Presiden RI telah mengarahkan visi dan misi pembangunan 2015-2019 yang dijadikan peta jalan (road map) bagi seluruh kementerian dalam merancang arah pembangunan, sasaran dan strategi yang dituangkan dalam RPJM 2015-2019. Visi dan misi pembangunan 2015 – 2019 ini  ditetapkan dalam Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015. Sebagai wujud penjabarannya, KLHK menyusun Rencana Strategis (Renstra) periode 20115-2019 dengan  mencakup beberapa sasaran strategis. Demikian inti pokok paparan oleh Apik Karyana, Kepala Bagian Rencana dan Program Biro Perencanaan KLHK, disampaikan saat menjadi narasumber kegiatan dalam rangka penajaman RENSTRA yang dilakukan P3E Bali dan Nusra pada tanggal 19 Oktober 2015 di sebuah hotel wilayah selatan Bali. Sebagai dokumen perencanaan awal 5 (lima) tahun kedepan, diharapkan semua sektor baik P3E, UPT maupun Dinas, dapat bersinergi didalam pelaksanaan program dan kegiatan, imbuhnya.

Kegiatan yang dihadiri peserta dari seluruh P3E se-Indonesia, kecuali P3E Sumatera, dan beberapa UPT dilingkungan KLHK ini dilaksanakan dalam rangka penajaman RENSTRA ditingkat P3E, sehingga diharapkan dari level bawah, selaras dengan diatasnya (sasaran Nasional). Dengan demikian ketika digabung antar tingkatan tersebut, apa yang menjadi visi-misi Presiden dapat tercapai. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari itu diwarnai dengan pemaparan masing-masing P3E dan diskusi menarik. Adanya perbedaan pandangan dalam rencana program/kegiatan, justru menjadi tantangan sekaligus peluang bagi P3E dengan posisi sekarang, sehingga RENSTRA yang disusun nantinya mampu menjembatani kebutuhan Daerah dan kepentingan Nasional.

Khusus untuk P3E Bali dan Nusra, keberhasilan pencapaian RENSTRA tersebut sangat ditentukan oleh kerjasama dan sinergitas dengan unit kerja terkait di KLHK dan pemangku kepentingan (stakeholders) lainnya serta kinerja seluruh unit Bidang/Bagian di lingkup P3E Bali dan Nusra. Untuk itu, seperti yang disampaikan oleh Kepala P3E Bali dan Nusra saat menutup kegiatan ini mengatakan, perlunya mengembangkan forum dalam rangka membangun komunikasi sehingga tidak terdapat perbedaan, guna pencapaian sasaran yang dicapai. Hasil akhir yang ingin dicapai dalam pertemuan ini adalah,  RENSTRA P3E Bali dan Nusra  dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi pencapaian RPJMN 2015 – 2019, serta  keberhasilan dalam mewujudkan perbaikan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup untuk kelestarian bagi generasi yang akan datang.

Top