Magang Pengujian Parameter Kualitas Air

IMG_1896

Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Bali dan Nusa Tenggara menerima peserta magang pengujian parameter kualitas air. Peserta yang mengikuti program magang ini sebanyak 11 orang yang terdiri dari  4 (empat) orang dari BLH Kabupaten Timur Tengah Selatan (TTS) dan 7 (tujuh) orang dari BLH Kabupaten Belu. Pelaksanaan kegiatan magang ini berlangsung selama 5 (lima) hari dari tanggal 5 Oktober sampai dengan 9 Oktober 2015.

Dalam acara sambutan penerimaan peserta magang, Kepala Bidang Evaluasi dan Tindak Lanjut Pengelolaan SDA dan LH, Awang Erry S.I, ST. M.Si, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta magang sehingga nantinya dapat menjadi tenaga laboratorium yang professional dan memiliki kompetensi di bidang uji parameter kualitas air. Harapan lain dari kegiatan magang tersebut adalah adanya komitmen bagi peserta magang untuk dapat menerapkan ilmu yang telah di dapat selama magang di laboratorium masing-masing.

pembukaan copyKegiatan magang dilaksanakan di kantor P3E Bali Nusra di ruang rapat komodo lantai III dan ruang laboratorium. Model program magang ini dilakukan dengan cara memberikan materi oleh narasumber dan staf teknis laboratorium dan praktikum. Adapun materi yang disampaikan pada kegiatan magang tersebut yaitu Persyaratan Teknis dan Manajemen Laboratorium Pengujian berdasarkan PERMEN LH No. 6 Tahun 2009 tentang Laboratorium Lingkungan da SNI ISO/IEC 17025 : 2008, Penerapan K3 dan Pengelolaan Limbah Laboratorium untuk Persyaratan Tambahan, Validasi Metode Alat Uji Cepat Kualitas Air, Penataan Ruang Laboratorium, Penataan bahan Kimia, Teknik Pengambilan Sampel Air, Praktek Pengujian Parameter BOD, COD, TSS, TDS, pH, DHL, Minyak dan Lemak.

Kegiatan magang dibarengi dengan pemberian Pre-test dan Post-test dengan tujuan untuk mengetahui perkembangan pengetahuan peserta sebelum dan sesudah kegiatan magang. Dari test tersebut didapatkan hasil terjadi peningkatan pengetahuan dari perbandingan nilai  Pre-test dan Post-test yang telah dilakukan oleh peserta.

IMG_20151009_151935Minimize

Top