Lomba Lintas Alam di Danau Buyan – Tamblingan

Tim Lintas Alam PPE Bali Nusra

PPE Bali dan Nusra berpartisipasi dalam kegiatan lomba lintas alam yang dilaksanakan pada hari Minggu, 5 April 2015. Kegiatan lomba ini diadakan di Taman Wisata Alam Danau Buyan – Tamblingan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Singaraja.

Lomba lintas alam ini diadakan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dalam rangka peringatan hari Hutan Internasional ke-31 yang jatuh pada tanggal 21 Maret 2015.  Kegiatan ini merupakan salah satu agenda dalam rangkaian kegiatan tersebut. Dimana sebelumnya telah dilangsungkan kegiatan lomba menggambar untuk anak sekolah, lomba pembuatan poster, dan lomba Fotografi.

DSC_0386MinimizePembukaaan kegiatan ini dilakukan oleh Kepala BKSDA, I Ketut Catur Marbawa. Dalam sambutannya, Beliau mengingatkan perlunya perlindungan ekosistem lahan basah di danau Buyan dan Danau Tamblingan mengingat kawasan tersebut berfungsi sebagai daerah resapan, daerah tangkapan, dan daerah persediaan air bagi daerah yang berada di bawahnya. Ditekankan pulan tentang pentingnya konservasi kawasan hutan untuk melindungi sumber daya alam hayati yang terdapat didalamnya.

Dalam lomba lintas alam yang menempuh jarak sejauh 6 Km ini, diikuti oleh 29 tim yang terdiri dari 22 tim dari pramuka binaan BKSDA dari SMA di seluruh Provinsi Bali, enam tim dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kehutanan yang berada di Provinsi Bali, dan satu tim dari PPE Bali dan Nusra. Setiap tim yang terdiri dari lima orang tersebut harus melalui trek yang cukup menantang dengan melewati pepohonan yang lebat, medan yang cukup licin dan jalan yang naik turun dengan kecuraman antara 20 derajat sampai dengan 50 derajat. Tim dari PPE Bali dan Nusra ahirnya dapat mencapai garis finish dengan catatan waktu 1 jam 44 menit. tim lintas alam ppe bali nusra

Top