Ground Check Ekosistem Darat di Taman Nasional Komodo

Pulau rinca dermaga

Setelah dilaksanakannya pertemuan  FGD Penyusunan Daya Dukung Daya Tampung Taman Nasional Komodo khusus untuk ekosistem darat, agenda berikutnya yang lakukan oleh P3E Bali Nusra dalam menyelesaikan dokumen DDDT Taman Nasional Komodo adalah melakukan ground check di lapangan baik wilayah daratan maupun di wilayah perairan.

Untuk wilayah daratan, verifikasi lapangan dilakukan selama dua hari yaitu pada tanggal 14-15 Agustus 2018, dikhususkan pada pulau yang memiliki jalur trailing di TNK, diantaranya yaitu Pulau Komodo (7 Jalur), Pulau Rinca (4 jalur) dan Pulau Padar (2 jalur). Selama melakukan kegiatan ini  tim P3E yang terdiri dari tiga orang dipandu oleh Bpk. David Hua, Kepala Resort Pulau Komodo, pada jalur trailing di Pulau Komodo dan Bpk. Abdulrahman, staf resort Pulau Rinca, pada jalur trailing di Pulau Rinca.

Pengamatan yang dilakukan dengan menggunakan metode sensus, yaitu dengan menjelajahi jalur trailing terpanjang di setiap Pulau. Data yang dikumpulkan sepanjang jalur trailing meliputi; (1) jumlah dan jenis vegetasi, (2) jumlah dan jenis satwa yang ditemui, (3) kondisi landsekap, dan (4) titik kordinat. Disamping data tersebut, dengan bantuan oleh TNK, kuisoner juga disebarkan kepada pengunjung. Data ini nantinya akan digunakan sebagai faktor koreksi dari sisi sosial dan manajemen.

gc2

gc3 gc4

IMG_20180814_162842Minimize

 

 

 

Top