FGD VERIFIKASI DATA DALAM PENYUSUNAN DOKUMEN EVALUASI CAPAIAN SASARAN STRATEGIS KLHK

FGD capaian stategis klhk

Dalam kerangka pembangunan, tahapan evaluasi merupakan salah satu aspek penting yang harus dilaksanakan.  Melalui kegiatan evaluasi akan diperoleh gambaran bagaimana hasil implementasi rencana pembangunan yang telah ditetapkan serta bagaimana capaiannya berdasarkan indikator yang telah ditetapkan. Namun tentu saja tak dapat kita pungkiri ketersediaan data yang valid menjadi kunci dalam pelaksanaan evaluasi ini. Hal ini karena akan menentukan kualitas dari dokumen evaluasi yang akan disusun.

Sehubungan dengan hal tersebut maka pada tanggal 11 November 2015 Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Bali dan Nusa Tenggara (P3E Bali dan Nusra) melaksanakan FGD (Focus Group Discussion) Verifikasi Data Evaluasi Capaian Sasaran Strategis KLHK bertempat di Kuta, Badung. FGD yang merupakan tindak lanjut dari FGD Penyusunan Indikator Evaluasi Capaian Strategis KLHK ini dihadiri sekitar 38 orang dari berbagai sektor terkait termasuk UPT di lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kegiatan dibuka oleh Kepala P3E bali dan Nusra. Dalam sambutannya disampaikan bahwa FGD yang dilaksanakan hari ini memiliki makna yang sangat penting dalam penyusunan Dokumen Evaluasi Capaian Sasaran Strategis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Diharapkan data-data yang telah diperoleh akan dilaksanakan verifikasi yang nantinya akan dilaksanakan verifikasi yang nantinya akan dimanfaatkan dalam proses evaluasi sehingga hasilnya benar-benar dapat mencerminkan kondisi yang sesungguhnya, serta dapat dimanfaatkan bersama.

Dari hasil FGD ini diperoleh masukan terkait data-data yang dimiliki oleh masing-masing sektor maupun UPT di lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sehingga dapat membantu memperkaya dan mempertajam evaluasi yang dilaksanakan.

Top