Edukasi Lingkungan Melalui Film

TERUMBU KARANGMinimize

Pendidikan lingkungan hidup sedang terus digiatkan di Indonesia. Berawal dari keprihatinan terhadap kondisi lingkungan hidup yang semakin menurun. Dimana perilaku manusia dianggap sebagai salah satu penyebab utama penurunan kualitas lingkungan ini.

Melalui pendidikan lingkungan hidup diaharapkan dapat merubah paradigma masyarakat tentang lingkungan. Saat ini pendidikan lingkungan hidup telah mulai diintegrasikan kedalam kurikulum sekolah. Dalam membangun masyarakat yang ramah lingkungan maka pendidikan lingkungan hidup juga dilaksanakan melalui bentuk lainnya.

Publikasi informasi lingkungan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang lingkungan. Maka sejalan dengan amanat Undang-undang 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Pusat Pengelolaan Ekoregion (PPE) Bali dan Nusra membuat sebuah film lingkungan. Film ini mengambil tema tentang terumbu karang. Film ini dibuat sarat dengan informasi tentang terumbu karang, baik tentang definisi hingga bagaimana terumbu karang ini hidup termasuk manfaat dan dampaknya bila dia rusak. Film ini juga berupaya membuka wawasan masyarakat akan pentingnya peran masyarakat dalam pelestarian terumbu karang ini.

Film yang berdurasi 25 menit ini dikemas dalam sebuah film drama agar menarik disimak. Dilengkapi dengan data dan gambar terbaru tentang kondisi terumbu karang di wilayah Bali dan Nusa Tenggara, membuat film ini semakin padat informasi.

PPE Bali dan Nusra akan menyebarluaskan film ini kepada masyarakat luas. Diharapkan hal ini sebagai salah satu sarana informasi yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat. (Bidang 1)

Top