Diseminasi Sistem Informasi Lingkungan Hidup dan Kehutanan

WhatsApp Image 2018-12-04 at 11.59.09

Perkembangan teknologi informasi dewasa ini maju demikian pesatnya. Berbagai data dan informasi dengan mudah didapatkan, baik melalui website ataupun media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan lain sebagainya. Sebagai instansi pemerintah, P3E Bali Nusra, tentunya harus memanfaatkan teknologi ini bila tidak ingin tertinggal dalam perkembangan informasi. P3E Bali Nusra mengambil langkah untuk mengadakan kegiatan Diseminasi Sistem Informasi Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diadakan pada hari Selasa, 4 Desember 2018 bertempat di ruang rapat Komodo Kantor P3E Bali Nusra.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan harus mempunyai satu basis data yang berisikan berbagai data dan informasi dari setiap unit kerja eselon I di lingkup KLHK. Data – data yang selama ini tersebar di setiap unit kerja, dapat dikumpulkan kedalam satu pintu yaitu Pusdatin. Demikian yang disampaikan Drs. Rijaluzzaman, Kepala P3E Bali Nusra dalam pemaparannya. Sedangkan narasumber dari Pusdatin yaitu Deddy Lukmansjah, S.Si menyampaikan bahwa pusdatin sedang mengembangkan aplikasi yaitu Sistem Informasi Lingkungan Hidup dan Kehutanan (SILHK), didalam aplikasi ini diharapkan berbagai data dan informasi tentang lingkungan hidup dan kehutanan dari setiap daerah dapat terkumpul.

Kepala Bidang DDDT SDALH, Suwardi, STP, M.Si dalam kegiatan ini memaparkan hasil pengembangan sistem informasi yang telah dilakukan oleh P3E Bali Nusra diantaranya yaitu website, aplikasi webgis, aplikasi SIL, dan berbagai akun media sosialnya dimiliki oleh P3E Bali Nusra. Hadir sebagai peserta dalam kegiatan ini yaitu perwakilan dari DLH Provinsi Bali, Provinsi NTB, DLH Kota Denpasar, DLH Kabupaten Badung, DLH Kabupaten Gianyar, DLH Kabupaten Tabanan, DLH Kabupaten Buleleng, DLH Kabupaten Jembrana, DLH Kabupaten Klungkung, dan DLH Kabupaten Karangasem

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan instansi lingkungan hidup dan kehutanan daerah dapat mengembangkan sistem informasinya sendiri atau mengadopsi langkah yang telah dilakukan oleh p3e bali nusra.

WhatsApp Image 2018-12-04 at 11.59.08

Top