Diklat Dasar Pengawasan Lingkungan Hidup Angkatan XXII Tahun 2013 di Denpasar

diklat pplh 2013

PPE Bali dan Nusra bekerjasama dengan Pusdiklat KLH telah melaksanakan Diklat Dasar-Dasar Pengawas Lingkungan Hidup yang dilaksanakan selama 17 hari kerja dengan kurikulum 148 jam pelajaran. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 29 April 2013 – 17 Mei 2013 di  Hotel Puri Ayu Denpasar. Diklat ini diikuti 40 orang peserta yang berasal dari PPE Bali dan Nusra, BLH Provinsi dan Kab.Kota se Provinsi Bali, NTB dan NTT. Tujuan pelaksanaan diklat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta agar dapat melakukan pengawasan lingkungan hidup dengan baik, benar dan sistematis serta memenuhi kriteria maupun persyaratan yang diperlukan bagi pejabat pengawas lingkungan hidup.

Proses pembelajaran dalam diklat ini menggunakan metode ceramah, Studi Kasus dan praktek simulasi pengawasan dalam rangka Pengendalian Pencemaran LH dan Pengendalian Perusakan lingkungan hidup. Kelulusan dalam Diklat ini ditentukan dari beberapa faktor yaitu : Displin/kehadiran, tugas harian, ujian tertulis, kerja kelompok, laporan perorangan, dan ujian lisan. Berdasarkan  hasil penilaian dari panitia dan widyaiswara rentang nilai kelulusan peserta adalah 71,82 – 80,71 dengan nilai kelulusan baik sekali sebanyak 11 orang dan kualifikasi baik sebanyak 22 orang. Adapun 3 orang peserta dengan nilai kelulusan tertinggi adalah:

  1. Lalu Akhmad Gifary Akbar, ST – BLHP Provinsi NTB (80,71)
  2. Rahkmad Fauzi, ST – BLH Kota Mataram (80,51)
  3. I Made Padang Hermanto Suparna, ST – BLH Kab. Karangasem (79,25)

Diharapkan setelah para peserta diklat yang telah lulus ini selanjutnya dapat diangkat menjadi Pejabat Pengawas Lingkungan Hidup, sehingga pengawasan lingkungan hidup sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dapat dilaksanakan dengan baik.

Informasi Lebih Lanjut :

Sub Bidang Diklat PPE Bali dan Nusra

No Tel : (0361) 228 237/244 238

email : ppebalinusra@yahoo.co.id

Top