Belajar Lingkungan di Pantai Lebih

DSC03932

Gianyar, 23 Juli 2013. Kampanye lingkungan hidup Pusat Pengelolaan Ekoregion Bali dan Nusa Tenggara kepada anak sekolah dasar berlanjut ke Kabupaten Gianyar. Lokasi yang dipilih untuk melakukan kegiatan pendidikan lingkungan di Kabupaten Gianyar ini adalah  Pantai Lebih, dengan peserta yaitu  siswa-siswi dari SDN No.2 Lebih, Gianyar. Kegiatan Edukasi lingkungan ini mendapatkan apresiasi yang tinggi, baik dari pihak BLH Kab. Gianyar maupun dari pihak sekolah, dalam hal ini yaitu SDN No. 2 Lebih, yang dapat dilihat dari banyaknya siswa yang hadir untuk mengikuti kegiatan ini, yaitu sebanyak 60 orang siswa kelas VI, yang didampingi oleh Kepala Sekolah SDN 2 Lebih dan 4 orang guru pendamping.

Pada pendidikan kali ini, para siswa yang dibagi menjadi 11 kelompok di ajak untuk mengamati kondisi lingkungan di Pantai Lebih, baik dari segi kebersihan, keteduhan, dan kenyamanan bagi para pengunjung. Disamping itu juga para siswa melakukan pengamatan mengenai abrasi pantai yang terjadi di Pantai Lebih, apa sebab dan dampak yang ditimbukan oleh abrasi dan pengamatan bagaimana perilaku para pemilik warung makan yang banyak terdapat di sekitar pantai terhadap pengelolaan sampah yang mereka hasilkan. Hasil dari pengamatan yang mereka lakukan kemudian dituangkan kedalam bentuk gambar yang akan dipresentasikan di depan kawan kawan mereka.

Dengan adanya kegiatan ini para siswa diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mereka akan pentingnya peranan ekosistem pantai termasuk flora dan fauna yang berada di dalamnya. Sehingga mereka akan mampu untuk menjaga dan memelihara kelesetarian alam di masa yang akan datang. Disamping itu juga diharapkan dengan melakukan pengamatan langsung di lapangan ini, dapat menumbuhkan kecintaan para siswa terhadap lingkungannya.

Top